Senin, 03 Mei 2010

Nge Guide lagi 25 may - 27 may

Ceritanya tanggal 25 may jam satu siang, senior gw Endra nelpon.
Endra "Pagi, ka?"
Gw "Pagi, Pak. Ado apo nih?"
Endra "Ka, Kamu bisa nge guide nggak hari ini?"
Gw penasaran "emang tamu dari mana pak?"
"Dari Nila" jawab bapak yang Ganteng satu ini (menurutnya looh)
"ooo,.. Berapa hari?" tanya gw lagi
"ampe besok! Ntar Nila Call kamu"
"ooo,iya lah pak"

Tak berapa kemudian Bu Nila nelpon, Setelah berbasa-basi akhirnya aku dan dia Deal, untuk nge guide tamunya. Ngurus izin nggak masuk kantor 2 hari. Katanya si pak Endra hanya ampe besok ternyata Bu Nila bialng sampe tanggal 27 may, lah itu berarti gw ngak masuk kantor 2 hari, Akhirnya gw harus merelakan nggak libur minggu ini.

Jam Tiga sore, gw baru dapet Itinerary alias Shedule perjalanan selama tour yang udah disiapin oleh Bu Nila itu.

Persiapan Mepet, Jam Empat sore gw harus jemput tamu diperbatasan, Huff... dan dimulailah cerita sore itu

25 May pukul 16.00
Gw pindah dari mobil Kijang ke Mini bus
Taraaa..... Disinilah cerita dimulai, gw mencoba untuk tenang dan memberikan info yang gw tau tentang kota ini, Gugup, Grogi, Lidah keselip jelas ada. Tapi gw tetep Masa Bodoh dengan itu semua, yang gw pikirin adalah Tour hari ini selesai dan gw bisa pulang.

Gw ngebawa rombongan dari ITSC (Indonesia Travel Senior Club) yang jelas pengalaman mereka lebih banyak dari gw, rata-rata umur wisatawan yang gw bawa ini 50-80 tahun mendekati ke manula. Dan yang harus gw catat adalah Mereka tidak sanggup untuk berjalan terlalu jauh!!

Di Shedule gw hanya ngantar mereka makan malem dan Drop ke hotel. Tapi apa boleh buat Shedule berubah ketika mereka tiba sore hari bukan malem hari. Gw pun berinisiatif buat mengajak mereka ke Taman Mini Jambi alias taman Rimba. Melihat reflika bangunan rumah tradisonal dari setiap kabupaten dan kota yang ada di Jambi.

Akhirnya perlahan-lahan waktu berjalan, gw langsung ngajak mereka Dinner @ ANEKA RASA Restorant, di Kebon Jeruk.

Jam delapan malem, kita tiba di Hotel Abadi di jalan Gatsu, Abadi Wing tepatnya. Check-in kelar, gw masih harus kelimpungan berkutat dengan shedule besok. Akhirnya gw minta om Zul jemput ngater gw pulang, Jam sebelas malem gw baru nyampe rumah. Dan gw masih harus membaca bahan buat besok Guiding.


26 may
Jam delapan pagi gw sudah standby di Hotel, Rencananya kita akan start Tour jam sembilan pagi. Gw dipanggil bu Shintia (Tour Leader nya) ke Padamaran Coffe shop, Tempat dimana mereka Breakfast. Bukan dijamu makan, gw malah di Complaint gara-gara hotel yang ngak sesuai standar mereka.

"Hotel itu, Ancur banget!, Pokoknya kita mau pindah hotel ngak mau disana! Kamu urus!"
Gw boalk-balik dari Grand Hotel Ke suite, Nemenin mereka ngeliat kamar dua hotel itu. Dan akhirnya mereka menjatuhkan pilihan ke Abadi Suite (gedung yang dibilang paling tinggi di Kota Jambi) Penuh peluh dan Ocehan Olah raga pagi yang melelahkan, Gw harus bolak-balik dari grand ke Suite lewat parkiran, Akhirnya jam sepuluh siang masalah itu kelar, Huft...!!!

Masalah satu kelar, ada lagi masalah dateng. Mereka mendadak ngebatalin acara kunjungan ke Candi muara Jambi dan minta di change ke Nipah Panjang, WUAahhhh....!!!
Alasan kenapa gw terima Job ini, karna gw baca Itinerary hanya sampe Candi, kalo lewat dari ini gw ngak ikutan! Tapi apa daya gw pasrah, Gw Call Pak Endra minta tolong dia memberikan solusi ini. Satu wisatawan yang merupakan Provokator (maaf ya pak) terus memberikan penjelasan tentang daerah Nipah Panjang itu, DIa ngak tau betapa melelahkan Perjalanan kesana, Dan melihat fisik merak yang sudah rentan dan ngak kuat jalan, Sedikit kemungkinan untuk bisa menikmati perjalanan ini.
Pertama : Kita harus menempuh perjalan ke sana selama 2 jam lalu menyebrang kemabli satu setengah jam. Diperkirakan sampe di Kota malem, dan itu ngerusak Shedule gw (seenaknya aja merubah! dalem hati gw ngedumel)

Gw mencoba mengulur waktu dengan memasukkan kunjungan ke Musium Negeri, Setidaknya satu jam bisa habis disini. Lalu ke Dekranasda yang ngak jauh dari Musium Negeri, Menunggu dan terus menunggu pahlawan gw dateng, Yaitu MR. Endra Gunawan.

Akhirnya beliau dateng juga dan menjelaskan tentang Kondisi di Nipah Panjang tersebut, Lalu mengurungkan niat untuk kesana, (gw, ma Driver segera bersyukur mengucapkan Alhamdullilah)

Makan siang @ Pondok kelapa Restoran di Jelutung, Lalu berangkat menuju Sebrang untuk melihat kerajinan batik. 4 orang pengen nyebrang naik Ketek (sejenis perahu seperti pompong)menuju Taman Tanggo Rajo (Ancolnya Jambi) sisaaya lebih memilih naik bus, Melewati jembatang batang hari 1 atau dulu bernama jembatan Auduri, Mampir bentar beli jagung rebus masih didaerah Auduri tersebut.

Mampir ke ES JOJOn buat minum es kacang permintaan mereka dan menurut gw es JOJOn inilah yang menyelamatkan karir gw, Mereka Bersorak gembira karna Merasa Es ini pas dengan lidah mereka inilah Maestro dari Paket Tour ini (yang lagi-lagi ngak ada di shedule, mereka request langsung ke gw)

Dari Es JOJOn Back To hotel, The new hotel for Them. Abadi Suite, They hope It better than Hotel Before.

Gw pulang kerumah, setelah ngurus tiket keberangkatan mereka besok sore.
kongkow-kongkow bareng temen-temen lalu pulang lagi-lagi jam 11 malem.

27 may

Hari terakhir gw nge guide, kemanakah gw akan membawa mereka??? Shedule Berantakan semua!
Gw diminta nganterin mereka ketempat yang jual IKan Asin!!! tanya sana-sini gw putuskan ngajak meraka ke Pasar Tradisional Angso Duo, tapi yang bagian Masjid bukan yang becek. Hanya ada kira-kira 5 orang yang mau Terjun masuk ke pasar ini, yang punya niat untuk beli ikan asin tentunya.

Tapi lantaran gw ngelewati jalan yang muter-muter, kunjungan pertama adalah ke Batik Mirabella yang ada di simpang pulai, Huft... Syukurlah disini makan waktu cukup lama hampir 2 jam, wkwkwkwkw... Ibu-ibu belanja, bapak-bapak udah protes diluar karna nunggu kelamaan.

Baru setelah itu ke PAsar tradisional, Dilanjutkan ke Empek-empek Selamat cabang Talang Banjar, Syukurlah bisa mengulur waktu sampai makan siang. Makan siang tiba, Meraka REquest makan mie yang Ada Babi nya, Gw cuma drop mereka ke Jl. Rang kayo hitam, Tempat Mie celor, Mie pangsit, Ber BABI bertaburan. Maaf disini gw nyari makan sendiri (ngak ikutaaan)

Selesailah sudah, inilah saat-saat terakhir job gw selesai. Jam dua Chek-out hotel, Go to Bandara. nGurus hampir satu jam di couter Check-in Garuda dan Selesailah sudah. Jam empat sore gw udah di bebas Tugaskan.

Tinggal Terima Gaji...
DAn gaji Habis untuk Shopping yang ngak tau barangnya apaan..
tapi gw puas! bisa Shopping apa yang gw incer.. ^_^

2 komentar:

Seno_Puja_Kesuma mengatakan...

Hmmm ... gajian2 bagi2lah tuh makan2... lagi kere neh gue... tepos mulu kantong kering kerontang buat bayar utang.. hikzzz hikzzz

lintang mengatakan...

@cen-cen: hehehe.. udah abiz buat shopiing ma makan cheenn

Posting Komentar